Sabtu, 30 September 2023
Selamat Datang di web SMPN 23 Malang, Wilujeng Sumping di web SMPN 23 Malang, Sugeng Rawuh di web SMPN 23 Malang, Rahajeng Rauh di web SMPN 23 Malang, Onomi Fokha di web SMPN 23 Malang, Salama Engka di web SMPN 23 Malang.
Visi Dan Misi

VISI dan MISI SEKOLAH

SMP NEGERI 23 MALANG

1. Visi

"UNGGUL BERDASARKAN IMTAQ, IPTEK DAN KEARIFAN LOKAL SERTA BERBUDAYA LINGKUNGAN "

  

VISI

INDIKATOR

Unggul dalam prestasi,

1. Unggul dibidang akademik dan non-akademik

Berdasarkan  Kearifan Lokal

1. Unggul dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional

2. Unggul dalam berperilaku sesuai budsya setempat ( Tata Krama )

Berbudaya Lingkungan


1     Mengembangkan pola hidup bersih dan sehat

2     Mengembangkan budaya Sekolah Adiwiyata

 

 
2. Misi Sekolah
 
a. Mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
b. Mengembangkan manajemen berbasis sekolah yang tangguh.
c. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga pendidikan secara profesional.
d. Meningkatkan prestasi Akademik
e. Melakukan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler secara intensif.
f.  Mengembangkan penguasaan pengetahuan berbasis ICT
g. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai keagamaan bagi seluruh warga sekolah.
h. Meningkatkan upaya pembinaan karakter dengan membudayakan 5 S.
i.  Meningkatkan peran serta seluruh warga sekolah dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
j.  Meningkatkan peran serta seluruh warga sekolah dalam mencegah pencemaran lingkungan.
k.  Meningkatkan peran serta seluruh warga sekolah dalam mencegah kerusakan lingkungan
3. Motto Sekolah
    SMP Negeri 23 Malang ini memiliki motto " Estu Muja Unggul Tumata "
4. Tujuan Sekolah
          Untuk merealisasikan visi dan misi sekolah, maka tujuan yang akan dicapai dalam:
Aspek I :  Peningkatan dan pengembangan Isi kurikulum yang adatif dan proaktif   dengan tujuan
a.     Memenuhi akan mutu, akses, relevansi, dan tata kelola pendidikan baik di kelas VII, VIII dan IX
b.     Menghasilkan kalender pendidikan yang efektif sesuai dengan keadaan dan lingkungan yang ada.
c.      Menghasilkan perangkat kurikulum yang lengkap dan inovatif berwawasan jauh kedepan (minimal 5 tahun kedepan)
d.     Menghasilkan pola pengajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM), sebab ditunjang dengan ICT 
 
Aspek II    : Peningkatan dan pengembangan proses pembelajaran yang berinovatif dan kreatif.
a.     Terciptanya standar minimal pendidikan
b.     Mengoptimalkan proses pembelajaran yang bervariasi dengan sistem CTL
c.     Terciptanya proses pembelajaran di dalam kelas untuk semua pelajaran yang PAKEM
d.     Melibatkan masyarakat sekitar untuk memotivasi belajar siswa
e.     Terciptanya layanan bimbingan belajar.
 
Aspek III :    Peningkatan Standar Kelulusan, minimal diatas standar BNSP
a.     Menghasilkan lulusan dengan daya saing tinggi untuk meneruskan ke SMA/SMK yang favorit dengan sekolah lain
b.     Menghasilkan lulusan yang baik bidang akademik maupun non akademik yang beraklak mulia dan berbudi luhur didasari dengan iman dan taqwa.
 
Aspek IV :    Pengembangan pendidik dan tenaga pendidik yang profesional.
a.     Mengembangan profesional guru melalui MGMP Kota
b.     Mengembangkan pengetahuan guru melalui pelatihan yang sesuai dengan bidangnya.
c.      Mampu menciptakan media pembelajaran yang kreatif
d.     Mampu menggunakan media pembelajaran yang kreatif
e.      Mengadakan supervisi klinis yang berkesinambungan dalam proses KBM untuk meningkatkan kinerja guru.
f.       Miningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan administrasi KBM melalui supervisi klinis secara berkesinambungan
g.     Memiliki daya saing kinerja yang tinggi dengan mengadakan studi banding  kesekolah lain.
 
Aspek V :     Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dengan berwawasan ICT dengan tujuan :
a.     Memudahkan pelaksanaan administrasi dan inventarisasi barang yang diperoleh.
b.     Dapat terlayaninya segala kegiatan belajar mengajar secara optimal.
c.     Dapat mengetahui hasil inovasi pembelajaran melalui ICT secara cepat.
 
Aspek VI : Pengembangan pengelolaan kinerja di sekolah dengan tujuan :
a.     Dapat mengukur dan mengetahui kekurangan dalam melaksanakan rencana pengembangan sekolah sehingga dapat diatasi dengan cepat.
b.     Meningkatkan pelayanan kepada siswa dan orang tua dalam bentuk layanan, informasi, layanan belajar dan layanan bimbingan konseling
        serta pengembangan bahan ajar
c.     Membangun sistem informasi bagi guru dan siswa terutama dalam bidang penilai, informasi akademik melalui dengan kerjasama yang baik.
 
Aspek VII : Pemgembangan Standar Pembiayaan Pendidikan dengan tujuan:
a.     Melaksanakan administrasi keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
b.     Terinvestarisasi potensi sumber pendaan sekolah.
c.     Terdayagunakannya potensi SMP Negeri 23 Malang dan sekitarnya.
d.     Meningkatkan subsidi silang dalam rangka menambah pendanan SMP Negeri 23 Malang.
 
Aspek VIII : Pengembangan Penilaian yang berbasis ICT dengan tujuan :
a.     Terlaksananya pengembangan penilaian yang otentik
b.     Terlaksananya pengembangan instrumen evaluasi dengan berbagai model.
c.     Terlaksananya pengembangan pedoman evaluasi hasil dari MGMP sekolah untuk menuju Standar Nasional Pendidikan.
    (DIKUTIP DARI DOKUMEN KTSP TAHUN 2016/2017)